Senin, 16 Desember 2013

budidaya ikan konsumsi

BUDIDAYA IKAN KONSUMSI
 Tuntutan hidup dan kebutuhan manusia semakin bertambah setiap harinya. Hal itu dapat diatasi dengan mempunyai jumlah penghasilan yang cukup. Sayangnya, sempitnya lapangan kerja dan bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan semakin sulit mencari penghasilan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Jika kita mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, tentu hal itu tidak akan menjadi masalah. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan budi daya ikan.
ikan
Kebutuhan ikan konsumsi di pasaran mayoritas berasal dari hasil budi daya. Budi daya ikan tergolong cukup murah untuk diusahakan dan dapat dilakukan dengan biaya terjangkau sehingga siapa saja bisa terjun dalam usaha ini. Tidak heran jika saat ini budi daya ikan semakin berkembang termasuk salah satunya budi daya di pekarangan rumah dengan menggunakan kolam terpal. Kolam terpal banyak digunakan dalam budi daya ikan karena cocok untuk lahan sempit dan modal terbatas.
Sebelum terjun langsung ke lapangan tentunya para pembudidaya harus mempunyai gambaran mengenai selera dan perkembangan pasar, baik jenis ikan yang akan dibudidayakan maupun segmen usaha mana yang akan digeluti. Bagi pembudidaya pemula sebaiknya memilih ikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sebagai contoh, lele merupakan jenis ikan yang banyak dibudidayakan dan banyak dibutuhkan. Pembudidaya juga dituntut untuk mengikuti perkembangan pasar, mulai dari jenis ikan yang populer, volume ikan di pasaran, sampai fluktuasi harga yang terjadi.
kolam

Budi daya ikan dapat menghasilkan keuntungan yang besar mulai dari awal usaha. Hal itu bisa terjadi bila ikan yang dihasilkan merupakan ikan yang bernilai tinggi atau banyak diminati masyarakat, sedangkan orang yang membudidayakannya baru sedikit. Ikan konsumsi yang bisa dibudidayakan di kolam terpal sangat banyak jenisnya. Mulai dari gurame, lele, belut, patin, nila, bawal, mujair, hingga lobster air tawar. Ingin mengetahui cara budi dayanya?
sumber: http://penebar-swadaya.com/penebar/wp-content/uploads/2013/05/ikan.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar