Senin, 16 Desember 2013

pengobatan penyakit ikan


2.4. Pengobatan (Therapy)
Obat (Therapeutic agent) dalam arti luas adalah bahan atau cara yang dapat memacu mengurangi sakit, mengembalikan kesehatan atau yang dapat memperpanjang umur/kehidupan ikan.
Beberapa bahan kimia dan antibiotika telah lama dipakai dalam pengobatan penyakit ikan (Meyer, 1964; Taupik dan Supriyadi, 1986; Supriyadi dan Rukyani, 1990)). Namun penggunaan obat itu sendiri selain tidak dapat memecahkan masalah dengan tuntas juga secara ekonomi sangat mahal. Selain itu penggunaan obat yang terus menerus terutama antibiotika, akan memepercepat terbentuknya organisme yang tahan terhadap antibiotika itu sendiri. Pada dasarnya cara pengobatan pada ikan dapat dibedakan menjadi beberapa cara yaitu:
• Perendaman
• Oral
• Infeksi
• Oles
Cara perendaman bisa dibedakan menjadi perendaman jangka waktu singkat dan jangka waktu lama. Perendaman dengan waktu singkat biasanya konsentrasinya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan perendaman jangka waktu lama. Pemberian obat melalui pakan biasanya dilakukan dengan mencampur obat pada pakan, diberikan tiap hari selama periode waktu tertentu. Pemberian obat melalui injeksi dapat dibedakan menjadi intraperitoneal (melaui rongga perut) dan intramuscular (melalui otot daging).
  http://diyanpleiades.blogspot.com/2013/06/pencegahan-penyakit-pada-ikan-serta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar