Senin, 16 Desember 2013

pencegahan penyakit

2.3. Penanggulangan Penyakit  dan Pencegahan Penyakit

Penanggulangan penyakit ikan dapat dibagi menjadi tindakan pencegahan (prevention) dan tindakan pengobatan (therapy). Pada dasarnya pencegahan terhadap penyakit ditujukan kepada hal-hal yang dapat menyebabkan tekanan (stress) pada ikan. Tindakan tersebut dapat berupa penerapan manajemen budidaya yang sempurna, penanganan ikan yang tidak kasar, penerapan manajemen pakan serta manajemen qualitas air yang baik. Pemilihan jenis ikan yang tahan terhadap penyakit merupakan salah satu pencegahan yang cukup efektif. Tindakan pencegahan lain yang sekarang banyak diterapkan adalah dengan cara menstimulasi kekebalan tubuh. Kekebalan tersebut bisa spesifik maupun yang non specifik (cellular). Kekebalan specifik dapat di stimulasi dengan memberikan vaksin, sedangkan kekebalan non spesifik dapat dipacu dengan memberikan imunostimulan. Penelitian tentang vaksin di Indonesia telah dimulai tahun 1983 dan telah menunjukan hasil yang menyakinkan (Supriyadi dan Taupik, 1983 ; Supriyadi, 1998). Adapun metode pemberian baik vaksin maupun immostimulan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :

a. Cara perendaman (immersion)
b. Melalui pakan (oral)
c. Melalui suntikan (injektion)
Dari ketiga cara tersebut yang paling efektif adalah dengan cara injeksi namun dari segi praktis dan efesiensi cara perendaman yang paling tepat. Kelemahan pemberian vaksin dengan melalui pakan adalah bahwa kecepatan makan tiap-tiap ikan tidak akan sama. Selain itu beberapa enzim pencernaan akan merusakkan antigen.
Tahapan pemberian vaksin dapat berupa vaksin awal (priming) dan vaksinasi ulang (Booster). Keutamaan pemakaian vaksin adalah bahwa kekebalan dapat dipertahankan selama masa pemeliharaan ikan. Masalah yang dihadapi dalam kekebalan ikan adalan bahwa immunoglobulin (Ig) yang terdapat pada ikan pada umumnya tidak mempunyai IgG yang sangat berperan dalam pembentukan antibody. Immunoglobulin yang ada pada ikan hanya yang menyerupai IgM (IgM like) sehingga pembentukan antibody pada ikan tidak seoptimal pembentukan antibody binatang kelas tinggi (Post, 1983)
  http://diyanpleiades.blogspot.com/2013/06/pencegahan-penyakit-pada-ikan-serta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar